FENOMENA KIDS ZAMAN NOW

Standard

Oleh: Nining Melani, Ilmu Komunikasi Universitas Nasional 2107

Kids zama now yang artinya “anak jaman sekarang” sedang ramai dibicarakan saat ini.

Penulisan “anak-anak jaman sekarang” masih tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, karena penulisan “jaman” yang benar adalah “zaman” jaman adalah bentuk bahasa yang tidak baku.

Makna dari “kidz zaman now” saat ini lebih mengartikan perilaku dan kegiatan anak muda sekarang yang tidak sesuai dengan umurnya. Arti yang masyarakat dapat dari ‘ kidz zaman now’ lebih ke arah yang negatif seperti anak kecil yang sudah berpacaran bak seperti orang dewasa, anak-anak yang lebih suka bermain game di gadget dibandingkan bermain permainan tradisional bersama temannya sehingga sulit untuk bersosialisasi.

Berbeda dengan generasi Y mereka yang lahir awal tahun 1980- awal 2000 dan generasi Z mereka yang lahir tahun 1995-2014, generasi Y dan Z adalah generasi milenial sedangkan “kidz zaman now” tidak ada rentan waktu yang menunjukan mereka kidz zaman now atau bukan.

Kidz zaman now hanyalah sebuah pelintiran yang mengartikan untuk anak-anak yang bertindak dan bersifat tidak sesuai dengan umurnya.

Namun, tidak semua anak-anak zaman sekarang berprilaku negatif banyak sekali yang berprestasi dan membanggakan bangsa dan negara. Bukan ‘kidz zaman now’ yang buruk , tetapi fenomenanya lah yang membuat kata tersebut menjadi pandangan buruk.

Sehingga fenomenanya lah yang harus diubah. Kidz zaman now bisa saja merubah menjadi tentang tren mendapatkan beasiswa, tren prestasi akademik dan lainnya yang bersifat positif. Sehingga fenomenanya lah yang di ubah agar kidz zaman now bukan seolah menjerumuskan kepada hal yang negatif secara perlahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>