Review Materi DIklat: Jurnalistik, Empowering Management

Standard

Oleh: Fransiska Silvia Sulistyaning Hayu, Administrasi Publik Universitas Nasional 2015

Materi diklat Jurnalistik, Empowering Management, yang dibawakan olhe Kak Astri Septiani, menjelaskan mengenai perbedaan antara Features, Artikel, dan Berita (News). menurut saya hal ini menjadi penting, karena saya pribadi menjadi mengetahui lebih dalam mengenai perbedaaan diantara jenis tulisan tersebut. untuk lebih memahami lebih lanjut, penjabaran jenis dan ciri tulisan tersebut di jelaskan seperti berikut:

1. FEATURES

Menurut Adinegoro, Features disebut karangan khas atau karangan tuturan. Ada berbagi definisi tentang features, namun intinya bahwa features tidak terlalu terikat waktu dan tidak sesegera mungkin penyajiannya. Tujuan penulisan features ini lebih pada untuk menghibur atau melengkapi pengetahuan pembaca tentang suatu hal secara mendalam.

Pada dasarnya, features adalah karangan kreatif, terkadang subjektif yang dirancang  untuk menginformasikan, secara mendalam dan lengkap, serta terutama dimaksudkan untuk menghibur pembaca menyangkut kejadian, situasi dan aspek kehidupan dari sisi lain.

Secara garis besar, features dapat dibagi dalam dua jenis, yaitu news features dan human interest features. News features pada dasarnya news (berita) juga, tidak mementingkan unsur waktu melainkan memberikan tambahan bacaan yang dianggap tetap hangat walaupun tidak di sajikan pada saat suatu kejadian itu terjadi.

2. ARTIKEL

Artikel adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan berita, surat kabar, dan sebagainya. Artikel bisa juga disebut sebuah karangan atau prosa yang di muat dalam media massa, yang membahas isu tertentu, persoalan, atau kasus yang berkembang dalam masyarakat secara lugas. Dalam arti lain, Artikel juga merupakan karya tulis atau karangan, karangan non fiksi, karangan tak tentu panjangnya, karangan yang bertujuan untuk meyakinkan, mendidik, atau menghibur, sarana penyampaiannya adalah surat kabar, majalah, dan lainnya. wujud karangan berupa berita atau “kharkas”.

Ciri-Ciri Artikel

  • Isi tulisan didasari oleh fakta bukan sekedar mitos yang belum terjamin kebenaranya
  • Bersifat faktual dan informatif, mengungkapkan informasi yang berdasarkan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan, dan dapat di pertanggung jawabkan kebenaranya.
  • Artikel ilmiah juga memiliki opini atau analisa pemikiran-pemikiran penulis. Akan tetapi, pemikiran itu dikuatkan atau didasari oleh data yang valid berupa hasil penelitian sebelumnya, teori, maupun fakta yang ditulis ke dalam artikel.
  • Menggunakan metode penulisan yang sistematis. Dengan tujuan agar semua informasi dalam arikel dapat di terima oleh masyarakat luas.
  • Menggunakan ragam bahasa yang resmi dan baku. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan bahasa resmi yang bercirikan lugas, logis, denotatif, dan efektif, akan membuat bahasa artikel ilmiah terasa padat, dan berisi.

3. BERITA (News)

Berita berasal dari bahsa sansekerta “Vrit” yang dalam bahasa Inggris disebut “Write” yang arti sebenarnya adalah “Ada” atau “Terjadi”. Berita Ada juga yang menyebut dengan “Vritta” artinya “kejadian” atau “Yang Telah Terjadi”.Menurut kamus besar,berita berarti laporan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat.

News (berita) mengandung kata new yang berarti baru. Secara singkat sebuah berita adalah sesuatu yang baru yang diketengahkan bagi khalayak pembaca atau pendengar. Dengan kata lain, news adalah apa yang surat kabar atau majalah cetak atau apa yang para penyiar beberkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>