Tips & Trik Berkegiatan di Alam Bebas

Standard

Oleh: Achmad Al Fiqri, Ilmu Komunikasi Universitas Nasional 2014

Akhir – akhir ini, berkegiatan di alam liar banyak di gandrungi oleh generasi milenial. Pemandangan alam yang di tawarkan di hutan belantara maupun di lautan seakan menjadi magnet untuk menarik banyak orang untuk menjajakannya. Mendaki gunung misalnya, salah satu kegiatan outdoor yang banyak di sukai kalangan remaja masa kini.

Tetapi seiring banyaknya para pendaki baru nan amatir, mereka seolah lupa untuk memperhatikan safety berkegiatan di alam bebas. hal tersebutlah yang dapat membahayakan dirinya yang berakibat dapat merenggut nyawa karena tidak memperhatikan unsur keamanan dan kenyamanan berkegiatan di alam bebas.

Maka dari itu saya akan berbagi tips untuk kalian bagi yang untuk atau akan berkegiatan di alam bebas. Yuk simak dan di perhatikan point – point di bawah ini.

  1. Perencanaan Perjalanan
    Penting untuk di perhatikan untuk merencanakan suatu perjalanan. Karena dengan persiapan yang matang, anda akan meminimalisir kecelakaan berkegiatan di alam bebas. Dalam hal ini yang perlu di perhatikan misalnya cuaca, medan, jalur yang akan di lintasi.
  2. Persiapan Fisik dan Mental
    Dengan melakukan olahraga yang teratur akan meringankan kerja otot tubuh saat di alam bebas. Karena berkegiatan di alam bebas sangat membutuhkan tenaga ekstra untuk mencapai tujuan.
  3. Pelajari Rute dan Harus Mengetahui Medan dan rute yang akan di lalui.
    Dengan persiapan ini, setidaknya anda akan meminimalisir untuk tersesat di alam liar. Paling tidak satu atau dua anggota dari kelompok anda sudah memahami jalur atau pernah melewati jalur yang akan di daki.
  4. PersiapkanPerlengkapan yang efektif dan Dapat di Multifungsikan
    Perlengkapan hendaknya disesuaikan dengan lokasi, rute, jangka waktu, jumlah pendaki dan kondisi cuaca. Namun beberapa peralatan yang sangat penting diantaranya ialah seperti tas khusus pendaki (carrier), sepatu trekking, jaket, jas hujan, matras, sleeping bag, baju ganti, alat penerangan seperti senter, korek api, tenda, kantong plastik, kompor dan peralatan masak mini, alat komunikasi dan dokumentasi, tempat air, dan peralatan survival dan obat-obatan.
  5. Manajemen Logistik dan Persiapkan Logistik yang Mencukupi
    Dalam berkegiatan di alam bebas, agar menghemat tenaga dan ruang dalam carrier kita, perlu di perhatikan makanan yang akan di bawa. Bawalah makanan secukupnya, hal ini berguna juga agar dapat meringankan beban bawaan pada carrier, dan perhatikan kadar kalori dan protein guna menambah energi.
  6. Memperoleh Izin dan Melapor ke Pos Pendakian
    Saat anda hendak melakukan kegiatan di alam bebas, jangan lupa untuk meminta izin di pos pendakian, istilah kerennya sekarang basecamp. Di pos pendakian atau basecamp ini, isilah buku tamu dengan mencantumkan lama pendakian, alamat lengkap dan nomor telepon keluarga atau teman yang dapat dihubungi bila suatu waktu di saat di hutan belantara terjadi musibah. Setelah kembali atau turun mendaki gunung jangan lupa untuk melapor kembali ke Pos Pendakian
    .
  7. Tidak Merusak Alam dan Menjaga Kebersihan
    Menikmati keindahan alam tanpa merusak atau menyakiti alam tentu akan semakin nikmat nan indah rasanya. Karena itu selama pendakian hindari perbuatan-perbuatan yang dapat merusak keindahan dan keseimbangan alam seperti melakukan aksi coret-coret (vandalisme), memetik atau menebang tumbuhan sembarangan, menangkap hewan, memetik bunga (seperti edelweiss), dan yang terpenting jangan membuang sampah, karena gunung bukan tempat sampah. Terutama sampah plastik yang dihasilkan selama pendakian hendaknya dikumpulkan dalam kantong plastik dan dibawa turun gunung dan dibuang di tempat sampah di pos pendakian. Tips ini sesuai dengan semboyan yang biasanya dipegang oleh pencinta alam:  jangan pernah meninggalkan apapun di gunung kecuali tapak kaki dan kenangan.

Tambahan tips dari saya, jika teman – teman menyalakan api unggun, kalau sudah jangan lupa untuk mematikan dan memastikan api unggunnya sudah betul-betul padam termasuk bara apinya. hal ini bisa di lakukan dengan menyiram air atau menutupnya dengan tanah. dan perlu di perhatikan bagi para perokok, jika sudah selesai merokoknya perlu di perhatikan untuk benar- benar mematikan rokoknya, dan bawalah puntung rokoknya. hal Ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya kebakaran hutan.

Dengan melakukan tips-tips mendaki gunung di atas, pendakian yang dilakukan meskipun oleh pemula dapat terlaksana sesuai harapan dan dapat meminimalisir kejadian hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersesat ataupun terkena hipotermia. Karena pada prinsipnya, sebuah tujuan pendakian gunung bukanlah hanya sekedar untuk mencapai puncak gunung belaka, namun dapat kembali sampai ke rumah dengan selamat.

Dalam berkegiatan di alam bebas, menjaga kelestarian alam sangat penting untuk di perhatikan. hal ini bukan saja menjaga flora – fauna dan habitat yang hidup di dalamnya, tetapi agak kelak anak serta cucu kita semua masih dapat merasakan keindahan pesona alam Indonesia.

 

(Referensi diambil dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>