REVIEW MATERI JURNAISTIK OLEH FITRIA HARIATY

Standard

Oleh: Rida AlHidayah, Ilmu Komunikasi Universitas Nasional 2015

Jurnalistik / Journalism / Jurnalis adalah Jurnal, catatan harian, atau catatan kegiatan. Menurut Haris Budiman, adalah kegiatan menyiapkan, penulisan, penyuntingan dan penyampaian berita kepada khalayak melalui saluran media tertentu.

Dalam jurnalistik ini diatur dalam UU Penyiaran no. 32 tahun 2002 dan UU Pers No. 40 tahun 1999.

Jurnalistik harus memiliki rasa sebagai berikut :

  1. skeptis, yaitu sikap tidak mudah percaya.
  2. Action, bertindak.
  3. Change, melakukan perubahan.
  4. Harus punya seni.
  5. Berperan sebagai pers.
  6. Tidak boleh berprasangka.

Berita terbagi menjadi berita hard news dan soft news. Berita hard news adalah berita penting yang harus disampaikan langsung ke publik da tidak bisa ditunda. Sedangkan Berita soft news, relatif lebih luwes dan isinya tidak terlalu berat.

Unsur-unsur pada berita ialah terdapat unsur 5W+1H, faktual, aktual, penting. Berita terbagi menjadi berita langsung dan tidak langsug. Jurnalistik ini berhubungan dengan piramida terbalik. Yaitu, dari yang paling penting dan mengerucut yang tidak penting. Seperti judul, tanggal, lead, dan isi.

Opini adalah pendapat, pandangan yang subjektif mengenai suatu masalah yang dibentuk dalam penulisan. Opini dapat dibuat mulai dari judul, penulisan, opening, isi tulisan, dan closing.

Feature adalah tulisan hasil reportase mengenai suatu objek. Atau bisa juga dikatakan informasi yang mendidik, menghibur. Contoh berita langsung tentang human interest. Feature dapat dibuat tentang petualangan, musiman, sejarah, kepribadian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>