REVIEW MATERI CHARACTER BUILDING OLEH WIDYA WURI ASTUTI

Standard

Oleh: Halomoan Mainando, Administrasi Negara Universitas Nasional 2016

Character atau Karakter adalah realita untuk masa depan kita, Sedangkan Building berarti membangun. Jadi Character Building adalah membangun karakter yang baik di masa depan.

Character terbagi 3, diantaranya ialah

  • Self-reliance (mandiri) adalah sikap untuk tidak menggantungkan diri terhadap orang lain dengan melakukan segala sesuatu berdasarkan kemampuan diri sendiri.
  • Endurance (ketahanan) adalah memiliki ketahanan fisik dan ketahanan mental.
  • Courage (keberanian) adalah memiliki keberanian yang tinggi terhadap situasi tertentu serta dapat tampil dengan percaya diri.

 

Terdapat beberapa pemahaman mengenai Karakter dari beberapa tokoh. Menurut Maxwell karakter jauh lebih baik dari sekedar perkataan. lebih dari itu, karakter adalah sebuah pilihan yang menentukan tingkat kesuksesan. Sedangkan menurut W.B.Suwnders, Karakter adalah sifat nyata dan berbeda yang ditunjukkan oleh individu.

 

Menurut Personality Plus karangan Florence Littauer ada beberapa jenis dari sifat – sifat manusia, mereka mengistilahkan dan mendefinisikan jenis dari sifat – sifat manusia sebagai berikut:

  1. Koleris mempunyai ciri – ciri ingin tampil di depan, bersifat keras layaknya komandan tempur, tegas, mempunyai jiwa pemimpin.
  2. Sanguinis mempunyai ciri – ciri periang, hampir tidak pernah kelihatan susah, ramah, hangat, banyak bicara.
  3. Melankolis berciri sangat serius, sistematis, analisis, berbakat disiplin.
  4. Plegmatis mempunyai ciri pasrah, tenang, penurut, tidak suka bertengkar.

 

Kesimpulannya, karakter building merupakan suatu proses atau usaha yang dilakukan untuk membina, memperbaiki, atau membentuk dari watak, sifat, kejiwaan, ahklak yang fokus pada suatu tujuan tanpa membelok. Character Building sangat bermanfaat untuk membawa kita menjadi lebih baik lagi dimasa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>