Bedah Buku: Coming Out, by Hendri Yulius (Review Diskusi)

Standard

 Bedah Buku Coming Out, by Hendri Yulius (Review Diskusi)

Oleh: Ramzy Farrazy, Ilmu Hubungan Internasional (2011)

crimsonstrawberry(dot)wordpress(dot)com

Cover Buku Coming Out
Sumber: crimsonstrawberry.wordpress.com

Sekre KSM Unas kembali membedah sebuah buku yang sangat menarik untuk dibaca: Coming Out. Buku ini ditulis oleh Hendri Yulius dan diterbitkan bulan Maret 2015 oleh Kepustakaan Populer Gramedia. Bedah buku dipandu oleh Teuku Ramzy (Hubungan Internasional 2011), Selasa (13/10).

Buku ini terbagi atas tiga bagian utama: Gay(o)graphy yang memaparkan pemahaman dasar atas LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender), gender dan seksualitas; Gay(o)metry yang lebih memaparkan kepada isu LGBT dalam ranah kebudayaan dan Gay(o)politics yang membahas pergerakan LGBT. Walaupun begitu, buku ini khusus membahas kepada Gay saja. Terdapat beberapa bab yang cukup menarik untuk dikaji seperti the Gay Gene yang membahas perdebatan dari manakah seseorang dapat menjadi gay.

Pada bab “Siapkah Anda Bercinta dengan Mr. Grey”, Hendri Yulius cukup menggambarkan secara jelas kehebohan BDSM (Bondage, Domination and Sado – Masochist) yang menjadi buah pembicaraan pasca meledaknya film 50 Shades of Grey. Dengan Bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti kaum awam, Coming Out juga memaparkan betapa K-Pop telah mengubah dan menggeser paradigma maskulinitas menjadi suatu standar baru yang banyak digilai bukan saja anak muda – tetapi juga tante-tante.

Seperti sudah diduga sebelumnya, pada sesi tanya jawab pun muncul beberapa pertanyaan yang menyinggung ke arah agama. Buku ini menyediakan bagian khusus yang membahas pertemuan antara seksualitas dengan keimanan. Tentunya dengan perspektif yang ‘membebaskan’, Hendri mengajak pembaca buku ini untuk turut mempertanyakan amarah-amarah yang mengatasnamakan agama – yang menurutnya justru merendahkan derajat nilai ketuhanan itu sendiri.

Ramzy selaku pemateri pun turut menyampaikan beberapa gerakan keagamaan baik itu berbasis Islam ataupun Kristen – di berbagai belahan dunia – yang tengah mengerjakan suatu penafsiran ulang teks-teks suci yang lebih LGBT – friendly, tentunya gagasan tersebut berangkat dari teologi pembebasan yang muncul di Amerika Latin.

Diskusi berlangsung sangat seru dan ditutup dengan games ‘No Stereotype’ yang bertujuan untuk memperlihatkan dampak labeling terhadap individu yang termarjinalkan dalam masyarakat. Buku Coming Out karya Hendri Yulius sangatlah ringan untuk dibaca, mudah dipahami, dan bisa menjadi suatu rujukan bagi kawan-kawan yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai gender dan seksualitas, wabilkhusus isu LGBT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>