Review Materi Sejarah Filsafat Oleh Antonius Wilhelmus Fernadez

Standard

Oleh: Nur Laily Rahmah, Ilmu Administrasi Negara Unas (2015)

Perkembangan filsafat berkembang atas dasar pemikiran kefilsafatan yang telah dibangun sejak abad ke-6 SM. Filsafat berasal dari bahasa Yunani,  philosophia, yang terdiri atas dua kata: philos (cinta) atau philia (persahabatan, tertarik kepada) dan shopia (kebijaksanaan, pengetahuan, keterampilan). Jadi secara etimologi, filsafat berarti cinta kebijaksanaan atau kebenaran. Dasar-dasar filsafat karena adanya :

  1. Ketakjuban, yaitu ketakjuban manusia atas segala hal yang disadari adanya.
  2. Ketidakpuasan, yaitu ketidakpuasan atas jawaban-jawaban mitologis yang diberikan oleh tokoh-tokoh yang dianggap berpengetahuan.
  3. Hasrat bertanya, yaitu kecenderungan manusia untuk mempertanyakan apa yang menimbulkan rasa takjub pada dirinya
  4. Keraguan,yaitu keraguan atas kebenaran setiap jawaban yang diperoleh dan diberikan.

Continue reading

Review Materi Character Building Oleh Widya Wuri Astuti

Standard

Oleh: Nur Laily Rahmah, Ilmu Administrasi Negara Unas (2015)

Pendidikan karakter kini menjadi isu menarik dan hangat dibicarakan oleh kalangan praktisi pendidikan. Sebab, dunia pendidikan kita selama hanya mementingkan kecerdasan intelektual, akal, dan penalaran, tanpa dibarengi dengan intensifnya pengembangan kecerdasan hati, perasaan, dan emosi.

Tema Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) tahun 2016 yaitu “Membentuk Jiwa Pemimpin yang Berintegritas dengan Berorganisasi.” Maksud tema tersebut diharapkan agar peserta dapat membentuk jiwa pemimpin. Oleh karena itu, untuk membentuk jiwa pemimpin yang berintegritas sangat dibutuhkan keaktifan dalam berorganisasi karena dengan berorganisasi kita dapat memahami berbagai macam karakter yang berbeda-beda. Tetapi sebelum itu kita harus mengenal lebih jauh siapa diri kita,dan bagaimana kebiasaan dan sifat kita. Orang yang telah mengenal dirinya akan mudah mengenal orang lain. Karena mampu memahami orang lain, maka mampu menyesuaikan dirinya dengan berbagai gaya (style) orang yang berbeda. Continue reading

Review Materi Simulasi Aksi Oleh M.Abrar Bekar.T

Standard

Oleh: Satya Nugroho, Ilmu Administrasi Negara Unas (2015)

Pada hari kedua Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kelompok Studi Mahasiswa Universitas Nasional (KSM Unas), Sabtu (16/1), diisi materi Simulasi Aksi yang dibawakan oleh mantan Ketua Umum KSM Unas, M. Abrar Bekar. Pemberian materi ini dimulai pada pukul 19:30 WIB yang mana materi ini bertujuan agar calon anggota muda paham akan peran mereka sebagai mahasiswa, disamping itu juga pemberian materi ini bertujuan untuk membekali calon anggota muda pengetahuan mengenai sejarah organisasi-organisasi pemuda dan jasa mereka dalam kemerdekaan RI.

Pemberian materi ini dimulai dengan pemaparan mengenai sejarah Organisasi Gerakan Pemuda. Sebelum merdeka, Indonesia sudah memiliki berbagai organisasi kepemudaan yang beranggotakan para pemuda-pemudi Indonesia baik yang bersifat nasional maupun kedaerahaan. Pemuda adalah salah satu elemen bangsa yang selalu menjadi garda depan atau pelopor dalam menghadapi berbagai persoalan. Di Indonesia sendiri pengertian pemuda adalah penduduk yang berusia 15 – 35 tahun. Kiprah pemuda bisa kita lihat dari gerakan-gerakan mereka sebelum momentum kebangkitan nasional hingga pasca reformasi sekarang ini. Continue reading

Review Materi Simulasi Sidang Oleh Adara Sinatrya

Standard

Oleh: Satya Nugroho, Ilmu Administrasi Negara Unas (2015)

Baru-baru ini, KSM Unas baru saja menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kelompok Studi Mahasiswa Universitas Nasional (KSM Unas) yang diadakan di Villa Jerry, Cisarua, Bogor, Jumat-Minggu, 15-17 Januari 2016. Pada hari pertama Diklat, terdapat dua materi diantaranya adalah Simulasi Sidang yang dibawakan Adara Sinatrya selaku Ketua Umum KSM Unas. Materi ini disampaikan dengan tujuan agar calon anggota muda dapat mengetahui dan memahami bagaimana tata cara dan simulasi sidang.

Pemberian materi ini dimulai dengan pembahasan mengenai pengertian sidang, macam-macam sidang, macam-macam interupsi, istilah dalam sidang, dan perangkat yang dibutuhkan saat sidang. Continue reading